Monday, April 1, 2013

Hutang

Percaya atau tidak, setiap keluarga di Amerika rata-rata memiliki 13 kartu kredit. Dan rata-rata hutang kartu kredit disebuah keluarga adalah $15,266 (Rp. 150 juta)! Belum lagi hutang cicilan rumah. Bank membuat berhutang menjadi sangat mudah. Tidak heran beberap tahun lalu USA mengalami goncangan ekonomi akibat orang tidak dapat membayar cicilan rumah. Kalau ekonomi sebuah negara bisa hancur gara-gara hutang, apalagi keluarga kita.

(1) Kekayaan yang sebenarnya bukan hasil dari berhutang, melainkan hasil dari pertambahan nilai. Orang yang memiliki barang-barang mewah hasil berhutang tidak dapat dikategorikan sebagai orang kaya. Tetapi bila Anda memiliki skill atau investasi yang menambah asset Anda, itulah kekayaan yang sebenarnya.

(2) Tidak boleh berhutang untuk barang konsumtif. Contohnya mencicil tas bermerk melalui kartu kredit, meminjam uang untuk berlibur bersama keluarga, dan lain lain.

(3) Kartu kredit bukan untuk berhutang, tetapi sebagai cara pembayaran yang praktis. Bila Anda menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa di akhir bulan Anda dapat membayarnya tanpa mengganggu anggaran keluarga.

Berhutang adalah meminjam penghasilan di masa depan, demi kesenangan di masa kini. Bila Anda berhutang sekarang, bisa jadi Anda mempertaruhkan masa depan anak-anak Anda. Andrew Jackson berkata bila Anda memiliki hutang, Anda telah menjadi budak. Tuhan akan menyediakan semua yang kita butuhkan, tetapi bukan semua yang kita inginkan.

LEBIH BAIK TIDUR TANPA MAKAN MALAM DARIPADA BANGUN PAGI DENGAN HUTANG (Benjamin Franklin -President of USA)

No comments:

Post a Comment

The Best Reader Always Leave Comment :)