Saturday, November 5, 2011

Hadapi intimidasi

Ps. Judy koesmanto

1 sam 17: 1-58

(Crita soal org yg tangannya buntung tolong critain yaa)
suatu saat dalam sebuah kebaktian, sepertibiasa saya berkotbah dan di akhir kotbah saya saya mengadakan altar call dan yang menarik bagi saya ada seorang pria yang maju dengan mengenakan baju lengan panjang berwarna biru, saya datangi dia, dan saya peluk untuk saya doakan, ternyata saat saya memeluk ornga itu saya baru tau kalau tangan kanannya tidak ada.
setelah didoakan pun orang tersebut berbicara kepada saya untuk ingin bertemu seusai ibadah. saya menemuinya dan dia bercerita kenapa tangan kanannya tidak ada. dahulunya orang tersebut adalah seorang tukang kayu, disaat bekerja tidak sengaja tangan kanannya terkena mesin pemotng kayu sehingga putus, seketika itu dia pingsan dan saat tersadar baru tau lah dia kalau tangan kanannya sudah di amputasi detik itu juga dia berfikir kalau masa depannya telah hilang, sebab dengan tangan kanannya lah dia bekerja, semenjak itu dia sudah berhenti bekerja dan hilang akal bahkan sampai stress.
di saat dia bercerita demikian, say tiba-tiba memiliki hasrat untuk bertanya "apa hobby yang kamu sukai?" lalu dia menjawab "saya suka melukis, tapi semenjak tangan kanan saya putus saya tidak pernah melukis, bagaimana mungkin saya dapat melukis tanpa tangan kanan" dan saya pun bertanya kembali "apakah sudah pernah dicoba?" dia menjawab "belum pak" saya bilang kepada dia "kalau belum dicoba mengapa kamu sudah berani bilang tidak bisa? cobalah nanti bawa hasilnya dan akan saya bantu cari peminatnya"
beberapa minggu kemudian dia membawa sebuah lukisan ang menurut saya yaa.. lumayan lah, lalu saya bantu untuk menaruk peminatnya melalui toko buku milik sahabat saya, eh lukisan tersebut laku dengan harga yang cukup lumayan, bahkan ada yang memesan lagi. saya telepon dia untuk memberitahukan kalau lukisannya cukup diminati dan sudah laku, bahkan ada yang pesan lagi, dia tidak percaya bahkan terkaget-kaget. minggu depannya dia membawa dua lukiasan dan sudah terbingkai rapi dan saya titipkan lagi ditoko buku milik sahabat saya eh ternyata sore sudah laku. saya pun berbicara kepadanya kalau sebelum dicoba jangan pernah menghakimi tidak bisa, dengan Tuhan segala sesuatunya tidak ada yang mustahil.
singkat cerita ketika sudah 2 tahun tidak pernah bertemu ternyata dia menelepon dan memberitahukan bahwa dia sudah berada di irian jaya dan memiliki dua perusahaan mebel, saya turut senang dan saya sepontan bilang "kalau dulu kamu hanya lah seorang pegawai, dan saat tangan kananmu putus kamu hilang harapan dan terintimidasi oleh karena itu, lihat lah ketika kamu berani hadapi intimidasi yang menyerang kamu sekarang kamu sudah jadi bos".

Betapa besar potensi yang ada dihidup mu yang telah Tuhan taruk, namun seberapa sering kita terlalu MENDENGAR INTIMIDASI yang ada di hidup kita. Sekalipun anda didalam kondisi terparah Tuhan tidak pernah mengambil satu potensi pun dari hidup mu..

Sifat intimidasi adalah:
-segala sesuatu yang belum tentu hebat, kalo anda terintimidasi dengan masa lalu atau apapun itu itu tidaklah lebih hebat dari kedengarannya

- membuat negatif (1 sam 17:33) saul sudah merasa negatif atas apa yg ad, sebrapa kita sering seperti itu, kita sering terjebak dalam kondisi hati yang negatif? Perbedaan daud dan saul, saat daud mendengar intimidasi dia malah brusaha melewatinya namun saul malah lari.. Prinsip yang dimiliki daud itu harus menghadapi tantangan itu, dan jangan sampai tidak bisa melewati permasalahan itu, Permasalahannya utk menghadapi intimidasi bukan besar kecil masalahmu namun ada atau tidaknya Tuhan didalam hidupmu ketika menghadapi masalah itu..

- alasan daud memilih 5 batu ada di 2 samuel 21:15-22. Setelah tumbangnya raksasa pertama seluruh bangsa itu sadar bahwa setiap kita bisa hadapi raksasa!! Seberapa banyak raksasa didalam hidupmu sebanyak itu pulalah Tuhan persiapkan batu pilihan utk kau tumbangkan..

*ketika kau bangun hidupmu di dalam Tuhan Yesus maka kuat dan gagahlah Roh mu hadapi masalah dan kemenangan ada didalam hidupmu..

No comments:

Post a Comment

The Best Reader Always Leave Comment :)