Saturday, December 6, 2014

RH

Ada seorang wanita yang membuat roti untuk makanan keluarganya setiap hari.
Wanita ini juga membuat roti ekstra untuk diberikan pada orang lain yg kebetulan melewati rumahnya.
Setiap hari, ada pria bungkuk datang dan mengambil roti itu. Bukannya berterima kasih, pria itu malah selalu berkata, "Perbuatan burukmu akan tetap bersamamu, perbuatan baikmu akan kembali kepadamu."
Hal ini berlangsung secara terus-menerus. Wanita itu merasa sebal.
Suatu hari, tiba-tiba timbul niatnya untuk membuat roti dengan racun didalamnya untuk pria itu.
Tetapi, ketika akan meletakkannya di jendela, dia gemetar dan tersadar. "Apa yang telah aku lakukan?" katanya.
Roti itu akhirnya dibakar habis dan diganti dengan roti biasa.

Malam itu, pintu rumahnya diketuk dari luar.
Wanita itu pun membuka pintu rumahnya dan terkejut melihat sang anak yg sudah merantau berbulan-bulan berdiri dihadapannya.
Anak itu terlihat sangat kurus dan lemah, rupanya dia kelaparan.
Sang anak menatap ibunya dan berkata,"Ibu, terjadi keajaiban. Ketika aku masih jauh dari sini, aku kelelahan dan pingsan. Aku mungkin akan mati kelaparan, tetapi pada saat itu ada pria bungkuk datang melintas dan memberiku sebuah roti," ungkap sang anak.

Pria bungkuk itu berkata, "Ini yang aku makan setiap hari. Hari ini aku harus memberikannya padamu karena kamu lebih membutuhkannya dari pada aku."

Seketika itu juga wajah sang ibu memucat dan ia bersandar lemas ke tembok.
Dia teringat akan roti beracun yang hampir saja diberikan pada pria bungkuk itu pagi tadi.
Andai saja dia memberikannya, tentu anaknyalah yg akan teracuni.

Akhirnya dia menyadari arti kata yg selalu diucapkan pria bungkuk itu, "Perbuatan burukmu akan tetap bersamamu, Perbuatan baikmu akan kembali kepadamu.".  Met malam, selamat beristirahat

No comments:

Post a Comment

The Best Reader Always Leave Comment :)